Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat adanya peningkatan signifikan volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dari stasiun-stasiun wilayah operasional Daop 1 selama bulan Juni 2025.
Total pelanggan KAJJ pada bulan Juni 2025 mencapai 944.776 pelanggan, atau meningkat sekitar 12 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya sepanjang tahun 2025.
Stasiun-stasiun keberangkatan yang termasuk dalam wilayah Daop 1 Jakarta antara lain Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.
Adapun data volume penumpang KAJJ yang diberangkatkan dari Daop 1 Jakarta sepanjang tahun 2025 adalah sebagai berikut:
Januari : 779.999 pelanggan
Februari : 688.603 pelanggan
Maret : 844.735 pelanggan
April : 845.369 pelanggan
Mei : 759.499 pelanggan
Juni : 944.776 pelanggan
Sampai dengan hari ini, Rabu (3/7), total pelanggan KAJJ yang telah dilayani di wilayah Daop 1 Jakarta sepanjang tahun 2025 tercatat sebanyak 4.861.981 pelanggan.
Rincian jumlah pelanggan berdasarkan stasiun keberangkatan adalah sebagai berikut:
Stasiun Gambir: 1.481.853 pelanggan
Stasiun Pasar Senen: 2.118.336 pelanggan
Stasiun Jatinegara: 225.019 pelanggan
Stasiun Bekasi: 651.533 pelanggan
Stasiun Cikarang: 215.636 pelanggan
Stasiun Karawang: 78.855 pelanggan
Stasiun Cikampek: 90.373 pelanggan
Stasiun Jakarta Kota: 376 pelanggan (setelah berlakunya GAPEKA 2025, KAJJ tidak lagi dilayani di stasiun ini)
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyampaikan bahwa peningkatan volume pelanggan pada bulan Juni ini tak lepas dari momentum liburan sekolah serta kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh terhadap layanan angkutan kereta api.
“Kami mengapresiasi kepercayaan masyarakat yang terus memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan. KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan, termasuk dari sisi ketepatan waktu, kenyamanan, dan keselamatan,” ujar Ixfan.
Lebih lanjut, Ixfan menambahkan bahwa KAI Daop 1 Jakarta secara berkelanjutan terus melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan kepada pelanggan.
KAI Daop 1 Jakarta akan terus berupaya memberikan layanan transportasi massal yang aman, nyaman, tepat waktu, dan ramah lingkungan guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang.
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES